WAKTU

waktu

WAKTU

(Sang Pemburu Kehidupan)

Oleh: Alexander

Waktu adalah dia yang berlalu dan enggan untuk kembali, momentum yang sudah dilewati oleh waktu akan segera usang dan menjadi cerita. Meskipun kita masih tergagap, terperangah,  terngangah bahkan terengah-engah mendesah  dia tidak akan menoleh kepadamu  meskipun sudah  berusaha menjadikan waktu sebagai kawan sejatimu tetapi  akan tetap terhempas, tergilas oleh roda kehidupan yang berakhir dengan tanda tanya besar penuh sesal karena banyak hal yang anda lewatkan begitu saja dengan aktivitas yang biasa saja karena apa yang telah pergi tak akan sama dengan apa yang datang kembali.

Periode kehidupan selalu berjalan beriringan dengan di eliminasinya pihak yang tak sanggung bertahan dalam pergulatan peradaban. Banyak sekali penguasa yang mengabadikan dirinya di dalam rangkaian sejarah. Survivalitas yang terjadi memiliki alur regresi yang saling memusnahkan, tidak ada yang abadi karena akan segera terganti oleh gladiator yang lebih perkasa. Tetapi, lagi dan lagi akan segera terkalahkan oleh yang lebih kuat, lebih cerdas, dan memiliki arus pembaruan.

Salah satu makhluk Tuhan yang belum pernah terkalahkan oleh para petarung peradaban yaitu sang waktu. Bahkan, Tuhan dalam firmanNya bersumpah  dalam surat al-‘asr disitu disebutkan bahwa manusia dalam kerugian. Mengingat waktu juga adalah pendukung  terkorosinya mimpi, harapan dan masa depan karena detik waktu tak pernah berniat  berhenti sampai tak ada lagi detak.

Sebenarnya tidak waktu sekarang, karena sesaat setelah membicarakan detik ini akan segera menjadi waktu yang tersapu dan segera terlewatkan tanpa memberinya kembali. Ada fakta menarik tentang waktu yang sering kita anggap sehari adalah 24 jam tetapi sebenarnya adalah 23 jam, 56 menit, 4,2 detik. Lalu kenapa di genapkan menjadi 24 jam ? jawabannya adalah karena bumi bergerak semakin menjauh dari matahari yang mengakibatkan pergeseran durasi.

Waktu atau chronos menurut  Plato diciptakan bersamaan dengan dunia  tetapi argument tersebut dibantah  Aristoteles dengan menganggap waktu adalah kontinum – rangkaian menyeluruh tak berujung — karena Aristoteles tidak dapat membayangkan bagaimana waktu bermula. Salah satu filsuf muslim bernama Ibnu Arabi  setuju dengan Aristoteles bahwa waktu tak berujung tetapi tidak setuju bahwa waktu bersifat kontinum, di lain sisi Ibnu Arabi juga setuju bahwa waktu juga diciptakan dengan dunia. Lalu bagaimana dengan relativitas waktu yang mulai membumi pada awal abad 20 ? hal ini sudah dijawab oleh cendikiawan muslim bernama Ibnu Sina yang mengatakan bahwa waktu hanya ada dalam pikiran sebagai akibat dari memori di masa lalu dan harapan pada masa depan dan itu mempengaruhi pikiran tentang ilusi dari kecepatan waktu apakah jatuhnya menjadi sebuah momen lambat atau justru mengalami instan.

Tidak ada waktu tepat untuk melakukan atau memulai sesuatu karena meskipun kita memprediksikan tetapi waktu akan terus berjalan bahkan berlari meninggalkanmu. Hidup yang berkualitas bukan tentang siapa dirimu tetapi yang sudah kamu lakukan.

Apakah ada waktu berkualitas ? atau justru kamu sudah melewatkan waktu yang memang itu berkualitas. Berburu dan melawan waktu adalah hal sia-sia, membuang waktu dengan melewatkannya adalah hal yang gila. Bukan seribu tahun yang kamu perlukan tetapi bagaimana kamu mengisi detikmu.

One thought on “WAKTU

  1. Tulisan yang cukup mengagumkan, menjelaskan bagaimana waktu itu berjalan dan menjadi suatu hal yang sangat penting, sehingga hampir semua manusia tidak dapat lepas dari yang namanya waktu. Akan tetapi sedikit ada kekurang dalam menjelaskan tentang konsep waktu yang di ambil dari Al-Qur’an dlm surat al-asrnya, disitu memang di jelaskan bahwa manusia merugi, tapi konteks pembahasan nya bukan karna waktu manusia merugi atau tidak pernah bisa menahlukkan waktu, pada ayat selanjutnya di situ di terangkan bahwasannya memang semua orang merugi dengan ada pengantar sumpah waktu,tapi jika orang” beriman dan melakukan amal soleh, saling menasehati untuk menaati kebaikan dan menetapi kesabaran.
    Dan ciri ummat muslim adalah saling menasehati sesama, karna kita kuga muslim.🙏
    Sekian terimakasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.